Sepakat Damai, Warga SAD Meminta Maaf dan Akui Bahwa Kelompoknya Lakukan Pemukulan Terhadap Satpam PT SAL 1

Kapolres Merangin AKBP Mokhamad Lutfi,S.I.K memimpin mediasi permasalahan antara warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT SAL 1 di aula Polres Merangin

tribratanews.polresmerangin.com, Merangin – Kapolres Merangin AKBP Mokhamad Lutfi,S.I.K memimpin mediasi permasalahan antara warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT SAL, terkait Penganiayaan yang dilakukan oleh pelaku warga suku anak dalam (SAD) terhadap security PT. SAL yang melibatkan warga PSHT beberapa hari lalu

Bertempat di aula Mapolres Merangin, Sabtu (16/5/20), turut hadir Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah, S.IP, Kabag Ops Polres Merangin Kompol Pamenan,SH, Kasat Intelkam AKP Tumpal Sinaga, Kasat Reskrim AKP Dhadhag Anindito,SH.SIK, Kasat Sabhara Iptu E.Y Ritonga,SH, Kadis Sosnakertrans Junaidi.Sip.Me, Kapolsek Tabir Selatan Iptu Sejati, Danramil Tabir Kapten Kav Mahnun, Danramil Pauh Kapten S Efendi, Sekcam Tabir Selatan sdr Afrizal, Kasi Kat Dinsos sdr Azrul Affandi, Serda Tamrin Babinsa bukit12, perwakilan dari  PT SAL Thresa Jurenay, perwakilan SAD Temung Pak Sikar dan Perwakilan SAD Temung Pak jang.

Kapolres Merangin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada prinsipnya Polres Merangin akan menangani permasalahan ini secara profesional.

“Polres Merangin juga sangat menghormati proses hukum adat yang ada di wilayah Kabupaten Merangin, karena pada dasarnya hukum adat juga bertujuan untuk menyelesaikan masalah,” sebut Kapolres

Untuk itu, Kapolres berharap permasalahan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan damai serta tidak ada lagi tindakan melanggar hukum.

“Kedua belah pihak untuk memahami dan mengedepankan musyawarah sesuai penekanan bapak Kapolda Jambi permasyalahan sekecil apapun harus di selesaikan,” ungkap Kapolres

Sementara itu, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah juga menyampaikan bahwa penyelesaian permasalah agar bisa diselesaikan secara bijak dan damai

“Mengingat ini  adalah kesalahpahaman dan untuk menciptakan situasi yang kondusif,” sebut Dandim

Dalam mediasi ini yang bersangkutan bersekapat damai dan didapatkan 2 hasil perdamaian sbb :

Perdamaian dengan pihak PT SAL 1.

  1. Warga SAD (Pihak II)  secara terbuka mengakui bahwa anggota kelompoknya telah melakukan pemukulan Satpam PT Sal 1 Hitam Ulu dan meminta maaf kepada PT Sal 1 hitam Ulu serta akan berusaha membina anggota kelompoknya agar tidak melakukan perbuatan tindak pidana maupun meresahkan masyarakat.
  2. PT Sal 1 hitam Ulu menerima maaf dan bersedia menyelesaikan permasalahan secara damai dan tidak melanjutkan lagi secara cara proses hukum.
  3. Warga SAD tidak akan mengganggu aktivitas perusahaan dan karyawan PT Sal 1 Hitam Ulu serta kedua belah pihak sepakat untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Merangin.
  4. Apabila dari kedua belah pihak melakukan tindak pidana akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Perdamaian dengan pihak PSHT.

  1. Warga SAD (Pihak II) secara terbuka mengakui bahwa anggota kelompoknya telah melakukan pemukulan satpam PT Sal 1 hitam Ulu ( Anggota PSHT Tabir Selatan) dan Meminta maaf kepada anggota PSHT serta akan berusaha membina anggota kelompoknya agar tidak melakukan perbuatan tindak pidana maupun meresahkan masyarakat.
  2. Pihak SAD tidak menuntut ganti rugi kepada PT Sal 1 atau masyarakat terhadap tenda atau Camp yang dirusak massa pasca kejadian namun meminta sepeda motor milik warga SAD untuk dikembalikan.
  3. PSHT Tabir Selatan menerima maaf dan meminta agar kasus pemukulan dapat dilanjutkan proses hukumnya.
  4. Untuk selanjutnya diharapkan warga SAD tidak melakukan tindakan yang dapat meresahkan masyarakat serta kedua belah pihak sepakat untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Merangin.
  5. Apabila dari kedua belah pihak melakukan tindakan pidana akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Surat kesepakan tersebut ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan saksi serta diketahui oleh Kapolres Merangin dan Dandim 0420 Sarko dan berharap agar semua pihak mentaati apa yang sudah di sepakati.

Updated: 17 Mei 2020 — 2:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRIBRATANEWS.POLRESMERANGIN.COM © 2017-2020 Humas Polres Merangin