Kapolda Jambi Tegaskan Netralitas Polri dalam PSU

Jambi – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo S.Ik kembali menegaskan netralitas Polri dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang.

Hal ini dikatakan Kapolda Jambi saat memimpin rapat internal  melalui video converence yang di ikuti oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan Para Kapolres/ta Jajaran Polda Jambi melalui Zoom Meeting, Selasa (18/05/21).

Dalam rapat tersebut, Kapolda Jambi didampingi oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs. Yudawan R, SH, MH, mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada seluruh personel Polda Jambi.

Dalam arahannya, Kapolda Jambi menegaskan kembali kepada Personel Polri Jajaran Polda Jambi harus Netral dan jangan sampai terlibat politik praktis, serta melakukan persiapan dalam rangka menghadapi PSU Pilgub pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jambi menyatakan bahwa Polda Jambi beserta seluruh jajarannya Polres hingga Polsek NETRAL dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang. Tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis, jika memang ingin terlibat maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi”, tegas Kapolda.

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada sudah diatur dalam  pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.”

Selain itu, terkait netralitas Polri juga diatur dalam Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri pada pasal 12  pada huruf c,d dan e bahwa “Setiap anggota Polri dilarang menjadi anggota atau pengurus partai politik, dilarang menggunakan hak memilih dan dipilih; dan/atau melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto, S.Sos, S.Ik dalam keterangannya mengatakan persiapan pengamanan dalam PSU Pilgub pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel.

“Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, Jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas, Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar, ” Sebutnya.

Updated: 19 May 2021 — 1:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRIBRATANEWS.POLRESMERANGIN.COM © 2017-2022 Humas Polres Merangin
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to iwankurniarasa60@gmail.com

× How can I help you?