Kepala Desa dan BPD Sekabupaten Merangin Ikuti Sosialisasi Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa

Kapolres Merangin AKBP Aman Guntoro,SIK memberikan materi dalam Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan permasalahan dana desa

MERANGIN – Polres Merangin mengadakan sosialisasi tentang Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan permasalahan dana desa kepada seluruh kades dan ketua BPD Sekabupaten Merangin, di ruang Pola 1 kantor Bupati Merangin, Rabu (8/11/17) pukul 09.00 WIB.

Kapolres Merangin, AKBP Aman Guntoro,SIK selaku pemberi materi menjelaskan, kehadirian kita disini adalah dalam rangka memahami serta bagaimana mengaplikasikan terkait nota kesepahaman antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dengan Kementerian Dalam Negeri dan Polri. Kesepahaman ini telah memerintahkan petugas Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendampingan penggunaan Dana Desa.

Perlu dipahami oleh Kepala Desa bahwa keberadaan Bhabinkamtibmas yang melakukan pendampingan jangan dijadikan beban. Nota kesepahaman ini sifatnya pendampingan dan mencegah terjadinya permasalahan dana desa serta untuk memastikan segalanya dapat berjalan dengan semestinya.

Ditambahkan Kapolres, Polisi selain mengemban fungsi penegakan hukum, juga mengemban fungsi Harkamtibmas, dan nilai Harkamtibmas yang memiliki posisi lebih tinggi dari pada penegakan hukum.

“Apa gunanya penegakan hukum bila hal itu justru akan mengancam harkamtibmas. Jadi disini terkait pelaksanaan pencegahan, pengawasan dan pencegahan permasalahan dana desa Polri lebih mengedepankan fungsi Harkamtibmas,”sebutnya.

Peserta Sosialisasi Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan permasalahan dana desa

Dalam sosialisasi ini, dihadiri oleh Bupati merangin Dr. H. Alharis, S. Sos. MH, Sekda Merangin H. Sibawahi,  S. Pd, MM, Kajari Merangin Haryono, SH.MH, Dandim 0420/sarko yang diwakili oleh Kapten inf Suhardi, Kadis PMD kab. Merangin M. Ladani.SE, para SKPD Kab. Merangin, para camat sekabupaten Merangin, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Merangin, Kades Sekabupaten Merangin dengan jumlah 205 oang dan Ketua BPD Sekabupaten Merangin 205 orang.

Usai sosialisasi, Kapolres Merangin saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan pengawasan dana desa ini dengan tujuan untuk mencegah adanya permasalahan ataupun penyimpangan dalam pengelolaan dana desa.

“Harapan dengan sosialisasi ini pengelolaan dana desa dapat mencapai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Penulis : Solihin

Editor : E.H Sitorus

2741total visits,2visits today

Updated: 8 November 2017 — 2:09 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRIBRATANEWS.POLRESMERANGIN.COM © 2017-2018 Humas Polres Merangin