Polres Merangin Selesaikan Konflik Permasalahan Warga

Polres Merangin laksanakan penyelesaian konflik antar warga

MERANGIN – Kepolisian Resort Merangin melakukan rapat peyelesaian terkait permasalahan konflik antar warga suku anak dalam (SAD) dengan warga Desa Baru Kibul Kecamatan Tabir Barat, secara adat, dengan duduk bersama, Senin (17/7).

Waka Polres Merangin, Kompol Ricky Hadianto,SH.SIK.MH yang memimpin rapat tersebut menuturkan, permasalahan tersebut terjadi, Minggu (16/7) malam sekira pukul 23.00 WIB.

Kejadian tersebut bermula, dimana saat itu, seorang perempuan warga SAD, Bungo Sanggul ketahuan mencuri pinang di kebun milik Nurdin (55).

Bungo Sanggul pun dikejar oleh Nurdin, namun aksi tersebut diketahui oleh suami Bungo Sanggul, sdr Ali. Ali menuntut Nurdin membayar denda Rp 60 juta, karena mengganggu isterinya. Namun tuntutan tersebut, tidak diindahkan Nurdin.

Akhirnya Ali minta bantuan seorang warga Desa Kibul, Asep, untuk menagih denda tersebut kepada Nurdin. Asep berangkat ke rumah Nurdin, untuk menagih denda.

“Namun aksi Asep membuat seluruh warga marah. Senin dinihari ratusan warga menyerang rumah Asep dan membakarnya,” kata Waka Polres.

Menanggapi hal tersebut, Kepolisian Polres Merangin dengan sigap langsung mengambil inisitif dengan membawa permasalahan tersebut untuk diselesaikan secara adat

“Alhamdulillah, dari hasil mediasi, kedua belah pihak sepakat permasalahan itu diselesaikan secara adat, sehingga tidak terulang kembali. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan saling memaafkan dan tidak membawa ke ranah hukum,” ucap Waka Polres.

Hal sanada dikatakan Kapolres Merangin, AKBP Aman Guntoro,S.I.K, ya, alhamdulillah permasalah ini sudah diselesaikan.

“Hasil penyelesaian di dapat kesepakatan bahwa untuk permasalahan pencurian yang dilakukan oleh Bungo Sanggul warga SAD dan permasalan denda telah dianggap selesai, dan tidak saling menuntut,” ucap Kapolres.

Untuk permasalahan pembakaran rumah, warga siap mengganti dengan membagunkan kembali rumah berikut isinya dan pemilik rumah menyetujuinya.

‘Alhamdulillah kedua belah pihak sepakat berdamai dan tidak akan mengulangi,” tutup Kapolres.

 

Penulis : Solihin

Editor : E.H Sitorus

814total visits,1visits today

Updated: 18 Juli 2017 — 12:55 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRIBRATANEWS.POLRESMERANGIN.COM © 2017-2018 Humas Polres Merangin